Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


8 Fungsi VPS Yang Umumnya Digunakan Banyak Orang

Diposting oleh Edo Oktavi pada 12 August 2018 - 07:07 . Internet

datacenter

VPS adalah server private khusus semi dedicated dimana tingkatannya berada diatas shared hosting. Dengan VPS pelanggan akan dijanjikan dengan sumber daya yang lebih kuat dan tangguh dibandingkan shared hosting.

Tentu ada kualitas ada harga karena kebanyakan VPS dihargai lebih mahal dibandingkan shared hosting biasa. Namun itu tidak masalah karena sebanding dengan performanya.
VPS itu sendiri bisa digunakan untuk beberapa fungsi , seperti :

1. Server Website Dengan Arus Lalu Lintas Yang Cukup Tinggi
Ketika Shared Hosting sudah tidak bisa lagi menampung website dengan lalu lintas data yang sangat tinggi, maka VPS bisa menjadi pilihan karena sumber dayanya lebih besar dan lebih tangguh.

Walaupun kalian mengupgrade paket shared hosting ke tingkat yang paling tinggi sekalipun tidak akan berpengaruh terhadap performa website kalian, dikarenakan shared hosting menggunakan sumber daya yang dibagi ke puluhan, hingga ratusan pelanggan dalam satu server.

Dan juga jika situs kalian mengakibatkan ketidak stabilan pada server tersebut, pihak hosting akan mensuspend akun kalian dengan alasan menggunakan sumber daya berlebih, dan akan merugikan kalian maupun pengunjung situs web kalian. Karena website kalian tidak dapat diakses

2. Sebagai VPN Server
Karena VPS memiliki akses penuh terhadap system. Kalian bisa menggunakan VPS sebagai VPN ( Virtual Private Network ) yaitu jaringan tunnel atau terowongan yang menggunakan jalur publik/internet sebagai jalannya.

VPN itu sendiri berfungsi sebagai pengaman data dan juga sebagai jaringan khusus yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu seperti organisasi, perusahaan, sekolah, dan lain sebagainya.

VPN juga bisa berfungsi sebagai terowongan yang menghubungkan 2 jaringan. Tentu itu tergantung dengan kalian yang ingin menkonfigurasi VPN tersebut.

3. Komputer Jarak Jauh
VPS juga bisa digunakan sebagai komputer jarak jauh kita, dimana kita bisa menggunakanya untuk keperluan percobaan, penggunaan komputer dengan sumber daya yang besar, dan lain lain.

Bahkan juga bisa sebagai komputer untuk keperluan monitoring, mining, dan lain sebagainya.

4. Server Usaha Hosting
Ketika kita kontrak dengan penyedia VPS. Kita memiliki satu buah server yang bisa kita atur sedemikian rupa. Jadi kita bisa membuat usaha hosting kecil kecilan dan menggunakan vps tersebut sebagai hosting website pelanggan kita.

Tentunya kalian dituntut untuk bertanggung jawab atas data pada VPS kalian, dan kalian juga harus hati-hati terhadap pelanggan yang bisa merugikan kalian.

5. Server Khusus File
Ketika kita memerlukan sebuah layanan yang bisa menyimpan file secara online seperti penyimpanan data perusahaan, organisasi, Pendidikan, atau lainnya, kita bisa menggunakan VPS sebagai tempatnya.

Karena jika kita menggunakan shared hosting, tentu ini tidak didukung karena shared hosting hanya menyediakan space untuk keperluan website. Bukan untuk penyimpanan file yang besar dan banyak.

Pengalaman saya sendiri ketika menggunakan shared hosting untuk keperluan website saya, saya disuspend karena jumlah file melebihi 75.000 file sehingga itu sangat merugikan saya dan pengunjung saya.

6. Server Backup File
Selain sebagai tempat menyimpan file online, VPS juga bisa digunakan sebagai penyimpanan data cadangan, seperti data website hingga data perusahaan.

Untuk VPS khusus penyimpanan data atau cadangan biasanya spesifikasi yang disediakan mengutamakan penyimpanan yang besar, karena memang ditujukan untuk file yang besar dan banyak.

7. Server Cadangan Website
Untuk website yang memiliki lalu lintas data yang cukup besar, sangat dianjurkan untuk menggunakan server lebih dari satu. Karena jika server utama yang digunakan oleh website tersebut down. Maka situs pun tidak dapat diakses.

Berbeda jika kita menggunakan server cadangan, yang apabila server utama tidak dapat diakses, maka kita bisa mengarahkan pengunjung ke server cadangan agar website bisa terus diakses dan meminimalisir kerugian karena kekecewaan pengunjung. Tentu ini bisa menggunakan teknik tertentu agar dua server bisa sinkron dan berjalan bersamaan.

8. Sebagai Server Percobaan Untuk Keperluan Pengembangan
VPS juga bisa digunakan untuk keperluan developing atau pengembangan. Baik pengembangan website, aplikasi, ataupun pengembangan server.

Karena VPS sendiri mempunyai penyimpanan tersendiri yang tidak mengganggu pengguna lain dan tentunya memberikan nilai plus terhadap keamanannya.

Bagaimana sudah tau kan fungsi VPS secara umumnya. Dan jika kalian ingin belajar ataupun mulai menggunakan VPS, kalian dituntut untuk menghapal perintah-perintah linux.

Karena umumnya VPS menggunakan linux berbasis text atau CLI, bukan berbasis GUI. Jika kalian ingin mengetahui perintah-perintah dasarnya, kalian bisa mengunjungi artikel saya sebelumnya yang berjudul 6 Perintah dasar Linux Yang Wajib Dikuasai Sys Admin.

Dan jika kalian ingin mempelajari Linux dari awal, kalian bisa membaca artikel saya yang berjudul 5 Langkah Mudah Menguasai Sistem Operasi Linux

Jangan lupa bookmark situs ini agar tidak ketinggalan informasi maupun tutorial lainnya.
Terima Kasih

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Artikel terkait

  • Google Meluncurkan Penyimpanan Cloud Ramah Kantong

    Diposting oleh Edo Oktavi di 16 August 2018 - 09:48

    Persaingan Cloud Storage sekarang semakin populer beberapa tahun ini. Penyedia penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google, Apple, dan Microsoft telah memimpin dalam menyediakan penyimpanan...

    Selengkapnya

  • 5 Control Panel Yang Sering Digunakan Untuk VPS

    Diposting oleh Edo Oktavi di 15 August 2018 - 22:32

    Setelah kalian menyewa sebuah VPS kalian pasti harus memilih 2 cara untuk mengelola nya, apakah ingin mengelola secara manual ataupun dengan bantuan Control Panel. Didalam Control Panel...

    Selengkapnya

  • Komentar

    Belum ada komentar pada posting ini

    Tambah komentar

    Nama *

    E-mail *

    Url *

    Komentar *

    Keamanan *


    Not Spam *