Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


Alasan Menggunakan Firmware OpenWRT Untuk Router

Diposting oleh Edo Oktavi pada 03 March 2021 - 16:13 . Networking

OpenWRT Dashboard

OpenWRT adalah firmware Open Source untuk router, yang sering digunakan untuk menggantikan firmware bawaan router. Dikarenakan beberapa fitur dan kostumisasi OpenWRT yang sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan router yang kita miliki.

Beberapa hal yang patut dipertimbangkan untuk menggunakan firmware ini adalah seperti:

1. Performa & Stabilitas

OpenWRT didesain oleh seorang administrasi jaringan profesional yang sangat peduli terhadap performa jaringannya. OpenWRT memiliki beberapa Algoritma pengembangan terbaru sehingga lebih baik dari Firmware bawaan perangkat.

OpenWRT dikenal sangat stabil dan mampu beroperasi secara maksimal dalam waktu lama, mampu mengurangi latency/lag dan mampu meningkatkan throughput dengan algoritma tertentu.

Perangkat lama yang mendukung OpenWRT juga akan selalu mendapatkan update software dan hanya dibatasi oleh kemampuan perangkat tersebut seperti RAM/Penyimpanan dibandingkan dengan manufaktur yang sudah menghentikan dukungan update terhadap perangkatnya sendiri.

2. Keamanan (Security)

OpenWRT adalah Open Source. Banyak pengembang diseluruh dunia yang membuat dan memeriksa kode yang akan di publikasikan.

Karena menggunakan basis kernel Linux, sistem operasi ini lebih tangguh keamanannya sehingga tidak terpengaruh oleh banyak serangan yang menginfeksi sistem operasi lain. Ketika ditemukannya kerentanan maka akan segera diperbaiki dan ditutup celahnya.

Konfigurasi bawaan OpenWRT sangat aman, karena mengijinkan akses internet secara penuh namun tidak mengekpose router ataupun perangkat dibelakangnya sehingga terhindar dari serangan.

3. Kompatibilitas Fitur

Ketika Software bawaan perangkat hanya mengijinkan fitur yang tidak bisa ditambah ataupun dikurangi, OpenWRT menyediakan paket program hingga kurang lebih 3000 paket yang tersedia untuk dipasang.

Beberapa fitur yang bisa pasang seperti block iklan, mengamankan koneksi dengan VPN serta mengenskripsi DNS sehingga tidak bisa dimanipulasi oleh ISP yang kita gunakan.

Selain fitur yang sudah saya sebutkan, banyak fitur lain yang juga tersedia dan siap dipasang, namun tidak akan muat jika dibahas semua disini kan. Hehehe

4. Support Komunitas

Banyak komunitas pengembang, sukarelawan, serta pengguna yang sudah lama menggunakan OpenWRT yang siap membantu untuk menyelesaikan masalah.

5. Sebagai Platform Pengembangan

Banyak tim yang berada dalam pengembangan jaringan menggunakan OpenWRT sebagai platform yang stabil di tempat mereka. Dimana pekerjaan mereka yang bereksperimen agar algoritma yang semakin stabil diterapkan di OpenWRT terlebih dahulu.

6. Konfigurasi

Dikarenakan menggunakan basis sitem operasi Linux, kita memiliki kontrol penuh terhadap perangkat kita, seperti konfigurasi yang mudah melalui SSH karena file konfigurasi yang berupa text, dan juga melalui antarmuka web.

7. Tanpa Biaya

Dikarenakan menggunakan lisensi GPL ( General Public License ), dimana kita bebas untuk mengembangkan, memodifikasi, dan menggunakan software ini secara bebas, dan tentu saja gratis.

Jadi banyak sekali kan manfaat yang bisa kita jadikan alasan untuk menggunakan perangkat ini hehehe.
Saat ini saya juga menggunakan OpenWRT sebagai router rumah saya menggunakan perangkat Set Top Box ( STB ) sebagai VPN Client untuk mengamankan koneksi rumah saya. .

Baiklah sekian dari saya dan terimakasih sudah mengunjungi blog ini

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Komentar

Edo Oktavi

Pada waktu 03 March 2021 - 16:13
https://www.blexbin.net/alasan-menggunakan-firmware-openwrt-untuk-router/

Edo Oktavi

Pada waktu 08 March 2021 - 23:13
Uppss.. Website hacked.. hahaha.

Lalalal

Pada waktu 08 March 2021 - 23:15

Edo Oktavi

Pada waktu 08 March 2021 - 23:20

Tambah komentar

Nama *

E-mail *

Url *

Komentar *

Keamanan *


Not Spam *