Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


5 Langkah Menguasai Sistem Operasi Linux

Diposting oleh Edo Oktavi pada 28 July 2018 - 20:51 . Linux

linux

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa linux berada disekitarnya, contohnya dalam penggunaan server dimana sekarang lebih banyak menggunakan linux dikarenakan open source dan bebas biaya lisensi, berbeda dengan windows yang mengharuskan penggunanya untuk membayar lisensi. Dan juga sistem operasi android yang sekarang sudah mendunia dan secara tidak sadar sudah menggunakan turunan linux tersebut.

Lantas bagaimanakah sistem operasi linux tersebut pada laptop atau pc yang digunakan sehari-hari, bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi windows tentu akan kesulitan jika menggunakan linux. Dan bagi kalian yang ingin mencoba menggunakan sistem operasi linux, berikut hal yang bisa kalian lakukan agar terbiasa menggunakan linux.

 

1. Kenali antamukanya nya
Pada sistem operasi linux terdapat 2 antarmuka, yaitu berupa GUI ataupun CLI.
GUI adalah antarmuka yang menggunakan grafik, contohnya seperti yang biasa digunakan pada windows yang dimana tampilannya membuat penggunanya nyaman dan mudah untuk megoperasikannya.
Contoh antarmuka GUI :
linux gui

 

Sedangkan untuk CLI tampilannya hanya berupa teks dan tentunya akan menyulitkan penggunanya jika tidak terbiasa dikarenakan harus menghapal perintah yang cukup banyak.
Contoh Antarmuka CLI :
linux cli

 

2. Kenali jenis atau distronya
Distro adalah jenis-jenis pada sistem operasi linux, dan jenis tersebut juga menentukan apa fungsi sistem operasi linux tersebut. Contohnya seperti distro Debian, yang banyak digunakan sebagai sarana edukasi dikarenakan fungsi dan kelengkapannya dikumpulkan dalam beberapa cd sehingga sangat mudah sebagai sarana pembelajaran karena bisa ditujukan kebanyak fungsi, seperti sistem operasi server ataupun sistem operasi yang digunakan sehari-hari.

 

 

3. Kenali fungsinya
Fungsi dalam artian disini adalah untuk apa linux tersebut digunakan, seperti yang sudah dibahas pada poin 2 fungsi linux bisa ditentukan berdasar distronya, seperti yang digunakan pada server bisa menggunakan distro debian, centos, cloudlinux, ubuntu server dan redhat dengan antarmuka CLI yang sering digunakan. Adapun yang sering digunakan pada laptop atau PC yang digunakan sehari-hari ada beberapa pilihan seperti ubuntu desktop, kali linux, dan debian, tentunya dengan antarmuka GUI.

 

 

4. Paket Aplikasinya
Tentunya ini sangat menjadi pertimbangan apabila ingin menggunakan sistem operasi linux, apakah ada aplikasi untuk mengelola dokumen, dan seperti apa aplikasi untuk mengelola dokumennya. Tentu saja ada contohnya seperti aplikasi pengolah dokumen menggunakan libre office yang fungsinya mirip dengan microsoft office pada windows, aplikasi browser seperti chrome dan mozilla firefox, dan pengelola berkas bawaan, jika tidak terbiasa tentu saja akan kesulitan seperti mengoperasikan libre office, namun jika sudah terbiasa tentu saja akan menguntungkan karena aplikasinya bersifat gratis.
Aplikasi untuk keperluan server yang sering digunakan hingga sekarang contohnya seperti apache2 atau nginx, mysql, phpmyadmin, dan php. Ada juga aplikasi yang digunakan untuk penetration test atau keamanan seperti pada distro kali linux, parrot linux, dan lain-lain.

 

 

5. Pahami struktur direktori nya
Dalam Linux sistem pengelolaan file nya sangat berbeda dengan windows. Jika diwindows dikenal dengan partisi seperti C: D: dan seterusnya, Linux menggunakan sistem partisi yang berbeda karena menggunakan partisi yang bertingkat. Contohnya pada direktori akarnya dengan nama ( / ) merupakan partisi paling atas dan tidak bisa diubah kecuali menggunakan hak akses tertentu seperti hak akses root. Setelah partisi root ( / ) disusun kembali oleh banyak partisi seperti partisi :
  • /bin
  • /dev
  • /etc
  • /home
  • /proc
  • dan seterusnya

Disetiap partisi tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing contohnya partisi /bin sebagai tempat untuk menyimpan kumpulan file eksekusi, partisi /proc sebagai partisi yang menyimpan kumpulan file process, dan partisi /home sebagai partisi yang bisa diakses oleh user dan menyimpan file user.

 

Untuk lebih detailnya akan saya bahas di postingan saya yang akan datang . Jangan lupa bookmark situs ini untuk mendapatkan update posting selanjutnya. Terima kasih.

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Artikel terkait

  • Konfigurasi Awal VMWare Untuk Instalasi Debian 8

    Diposting oleh Edo Oktavi di 26 August 2018 - 17:36

    VMWare adalah salah satu jenis virtualisasi yang bisa digunakan pada PC atau Laptop untuk membuat komputer virtual atau lebih sering dikenal sebagai Virtual Machine. Untuk jenis virtualisasi...

    Selengkapnya

  • 6 Perintah Dasar Linux Yang Wajib Dikuasai

    Diposting oleh Edo Oktavi di 11 August 2018 - 08:35

    Setelah beberapa waktu yang lalu saya memberikan tips tentang 5 langkah menguasai linux, sekarang saya ingin menjelaskan beberapa perintah yang umunya sering digunakan di linux yang berbasis...

    Selengkapnya

  • Komentar

    Edo Oktavi

    Pada waktu 28 July 2018 - 17:20
    http://www.blexbin.net/5-langkah-menguasai-linux/

    Tambah komentar

    Nama *

    E-mail *

    Url *

    Komentar *

    Keamanan *


    Not Spam *