Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


5 Jenis Virtualisasi Untuk VPS

Diposting oleh Edo Oktavi pada 13 August 2018 - 21:47 . Internet

virtual server Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang fungsi vps dengan judul 8 Fungsi VPS Yang Sering Digunakan, kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis virtualisasinya.

Seperti yang kita tau VPS adalah komputer virtual yang berada dalam komputer fisik, dan dalam komputer fisik tersebut bisa dibuat beberapa komputer virtual asalkan spesifikasi nya mumpuni.

Komputer fisik tersebut sering disebut sebagai komputer node dan komputer host, dan biasanya system operasi yang digunakan oleh komputer node adalah sistem operasi berbasis linux seperti CentOS dan Debian.

Jika kalian mengontrak sebuah dedicated server. Kalian bisa menggunakan server tersebut sebagai komputer node dan membagi sumber dayanya menjadi beberapa komputer virtual dan bisa menjual kembali komputer virtual tersebut kepada rekan anda, ataupun ke orang lain.

Terus bagaimanakah caranya saya bisa membagi dedicated server tersebut ?

Untuk membaginya kalian memerlukan sebuah software virtualisasi. Untuk jenisnya banyak, mulai dari yang sederhana hingga kompleks.

Beberapa jenis virtualisasinya seperti :

1. OpenVZ
Jenis virtualisasi ini bekerja pada level sistem operasi dan bekerja dengan shared kernel.

Kernel itu sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang membagi sumber daya dari perangkat keras seperti CPU, RAM, dan media penyimpanan.

Jenis VPS ini paling umum dan sering ditemui karena tingkat penggunaan sumber daya nya yang cukup rendah, sehingga banyak penyedia hosting yang menjualnya dengan cara overselling atau melampaui batas seharusnya. 

Sehinggakomputer node bisa mengalami penurunan performa karena dampak dari overselling tersebut.

Karena virtualisasi ini berada pada tingkat sistem operasi, mengakibatkan tidak bisanya kita untuk menginstall Sistem Operasi lain seperti Windows, OpenSUSE, FreeBSD dan lain sebagainya pada komputer virtualnya.

Jadi jangan salah pilih ya jika ingin menggunakan sistem operasi windows, kalian bisa menggunakan jenis virtualisasi selanjutnya.

2. KVM ( Kernel-based Virtual Machine )
Dari Namanya kita sudah mengetahui bahwa jenis virtualisasi ini berada pada tingkat kernel, sehingga sistem operasi virtual langsung berhubungan dengan perangkat keras. 

Jenis virtualisasi ini adalah virtualisasi penuh dan memiliki kemampuan yang lebih tangguh, berbeda dengan jenis sebelumnya yang berada ditingkat sistem operasi.

Dengan jenis virtualisasi inilah kita bisa menginstall system operasi lain seperti Windows, OpenSUSE, FreeBSD dan solaris.

3. Xen HVM ( Hardware Virtual Machine )
Jenis virtualisasi ini mirip dengan KVM yang bekerja pada level kernel.

Namun cara kerjanya dengan cara memvirtualisasikan semua perangkat keras seperti BIOS, Disk Controller, VGA Card Adapter, Network Adapter dan lainnya untuk komputer virtual.

Dengan jenis virtualisasi ini kita bisa menginstall sistem operasi windows sebagai komputer virtual nya. 

Jenis virtualisasi ini sering digunakan oleh kalangan korporat untuk mengelola komputer virtual nya, yang menjadikan HVM ini sebagai teknologi virtualisasi ketiga terpopuler yang ditawarkan di internet.

4. Microsoft Hiper-V
Jenis ini sangat cocok bagi kalian yang berurusan dengan komputer windows, dan karena itu jugalah kalian harus mempertimbangkan bahwa biaya bukanlah hambatan karena harganya yang sedikit lebih mahal dibandingkan yang lain, dan juga belum terhitung untuk lisensi windows nya.

Kalian juga bisa menginstall system operasi lain seperti linux, FreeBSD atau solaris, dan juga jenis ini sangat cocok bagi developer yang ingin mengelola komputer virtualnya dengan mudah dan dibekali dengan panel control berbasis GUI.

5. VMware vSphere EXSi
Mungkin jenis ini jarang didengar oleh kalian namun jenis ini memiliki kelebihan yang sangat banyak, seperti pengelolaan berbasis web.

Jenis virtualisasi ini tidak memerlukan system operasi host atau node dan sering disebut baremetal OS yang memiliki kelebihan dengan stabilitas yang lebih tangguh.

Pengeloaan web nya pun sangat mudah, kita bisa membuat cadangan, mengekspor dan memodifikasi nya dengan sangat mudah dan dengan dukungan Teknis yang terus tersedia. 

Tentunya fitur ini harus dibayar dengan lisensi yang lumayan namun sepadan dengan performa dan kemudahan yang kita dapatkan dengan jenis ini. Gimana udah paham kan jenis-jenis nya .

Banyak juga ya, namun bagi kalian yang ingin membeli VPS mungkin kalian harus paham dengan jenis nya. 
Tentunya agar kalian tidak bingung dalam memilih VPS yang cocok untuk keperluan kalian.

Jika masih bingung kalian bisa bertanya di komentar, saya dengan senang hati akan menjawabnya.Jangan lupa bookmark blog ini bermanfaat dan untuk mendapatkan artikel selanjutnya ya .

Terima Kasih.

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Artikel terkait

  • Google Meluncurkan Penyimpanan Cloud Ramah Kantong

    Diposting oleh Edo Oktavi di 16 August 2018 - 09:48

    Persaingan Cloud Storage sekarang semakin populer beberapa tahun ini. Penyedia penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google, Apple, dan Microsoft telah memimpin dalam menyediakan penyimpanan...

    Selengkapnya

  • 5 Control Panel Yang Sering Digunakan Untuk VPS

    Diposting oleh Edo Oktavi di 15 August 2018 - 22:32

    Setelah kalian menyewa sebuah VPS kalian pasti harus memilih 2 cara untuk mengelola nya, apakah ingin mengelola secara manual ataupun dengan bantuan Control Panel. Didalam Control Panel...

    Selengkapnya

  • Komentar

    Belum ada komentar pada posting ini

    Tambah komentar

    Nama *

    E-mail *

    Url *

    Komentar *

    Keamanan *


    Not Spam *