Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


5 Control Panel Yang Sering Digunakan Untuk VPS

Diposting oleh Edo Oktavi pada 15 August 2018 - 22:32 . Internet

code
Setelah kalian menyewa sebuah VPS kalian pasti harus memilih 2 cara untuk mengelola nya, apakah ingin mengelola secara manual ataupun dengan bantuan Control Panel.

Didalam Control Panel terdapat fitur-fitur yang mendukung pengelolaan website kalian. Seperti pengelolaan domain, subdomain, email, database dan lain sebagainya. Dimana jika dikelola secara manual pastinya akan sulit karena banyak langkah yang harus kalian ikuti..

Jadi control panel adalah solusi bagi kalian yang kesulitan dalam mengelola VPS tersebut, dan kalian tidak perlu lagi mengelola dengan terminal linux karena kebanyakan control panel dikelola dengan antarmuka website.

Untuk penggunaan terminal hanya pada installasi control panel nya saja, jadi menghemat waktu bukan dibandingkan kalian harus berurusan dengan terminal setiap ingin mengubah ataupun melakukan pembaruan pada website kalian.

Untuk Control Panel itu sendiri memiliki versi yang bebas lisensi dan berbayar. Tentunya control panel berbayar memiliki banyak fitur unggulan yang tidak dimiliki control panel gratisan.

Yang termasuk dalam control panel yang berbayar adalah : 

1. CPanel
CPanel ini sangat populer hingga saat ini, dikarenakan antarmukanya yang sangat mudah dan fiturnya yang sangat banyak seperti pengelolaan file, domain, email, ftp, firewall, script installer dan lain sebagainya. Dan sering digunakan oleh berbagai penyedia hosting sebagai control panel utamanya.

Harga yang ditawarkan untuk lisensi control panel ini pun lumayan, berkisar Rp. 200.000,- perbulan dan juga akan mendapatkan fitur reseller hosting. Jadi kalian bisa menjual hosting dari VPS kalian. Tentunya harus jadi petimbangan kalian jika ingin menggunakan CPanel ini.

2. Plesk
Untuk plesk ini fitur yang ditawarkan kurang lebih seperti CPanel. Harga yang ditawarkan untuk lisensi plesk ini bervariasi mulai dari Rp. 100.000,- per bulan untuk panel VPS pribadi.

Adapun lisensi untuk penyedia web hosting atau reseller berkisar sekitar Rp. 300.000,- per bulan, dimana kalian akan mendapatkan fitur tambahan seperti billing, dan management account.

Untuk control panel yang bebas lisensi yaitu :
1. Webuzo
Control panel ini dibuat oleh pengembang Softaculous yang biasa kalian temukan dalam cPanel. Dengan fitur yang diusung seperti pengelola domain, database, email, file manager dan lainnya. Juga sudah dimasukkan fitur autoinstaller dari Softaculous, jadi kalian bisa langsung pasang CMS seperti wordpress, jomla, drupal, dan lain sebagainya dengan sekali klik.

2. Kloxo-MR
Control Panel satu ini modifikasi oleh orang Indonesia bernama Mustafa Ramadhan dari panel aslinya yang bernama Kloxo. Control panel ini cukup ringan untuk digunakan di VPS dengan spesifikasi minim, dan fitur yang ditawarkan juga lumayan lengkap.

3. VestaCP
Saya menggunakan control panel ini sebagai pengelola VPS saya karena fiturnya yang lengkap seperti backup, ftp, pengelolaan domain, ssl, firewall, email, dan lainnya. Kalian juga bisa membuat akun pengguna lain dan membuat website dari akun tersebut.

Sampai sekarang saya masih menggunakan VestaCP, karena saya masih nyaman dengan fitur yang disediakannya dan dengan kelebihan frond end proxy nginx sehingga mampu mempercepat website saya.

Jangan lupa bookmark blog ini untuk mendapatkan update terbarunya
Terima Kasih.

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Artikel terkait

  • Google Meluncurkan Penyimpanan Cloud Ramah Kantong

    Diposting oleh Edo Oktavi di 16 August 2018 - 09:48

    Persaingan Cloud Storage sekarang semakin populer beberapa tahun ini. Penyedia penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google, Apple, dan Microsoft telah memimpin dalam menyediakan penyimpanan...

    Selengkapnya

  • 5 Jenis Virtualisasi Untuk VPS

    Diposting oleh Edo Oktavi di 13 August 2018 - 21:47

    Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang fungsi vps dengan judul 8 Fungsi VPS Yang Sering Digunakan, kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis virtualisasinya. Seperti yang kita tau...

    Selengkapnya

  • Komentar

    Agung pratama

    Pada waktu 16 August 2018 - 20:31
    Gk maksud apa yang lagi diperbicarakan wkwwk walaupun dan baca 2 kali dari atas sampe bawah

    Edo Oktavi

    Pada waktu 17 August 2018 - 08:26
    Agung. Hahaha itu untuk control panel vps gan. Sejenis cpanel untuk hosting biasanya itu loh.

    Tambah komentar

    Nama *

    E-mail *

    Url *

    Komentar *

    Keamanan *


    Not Spam *