Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


Penyebab Kecanduan Smartphone Dan Solusinya

Diposting oleh Edo Oktavi pada 17 August 2018 - 19:16 . Gadget

Smartphone
Bagi sebagian besar orang smartphone adalah sesuatu yang tidak bisa lepas dari genggamannya sehari-hari.

Setiap hari pasti membutuhkan smartphone baik untuk pekerjaan, pembelajaran, hiburan, dan lain sebagainya. Bahkan sebelum tidur ataupun sesudah tidur, pasti smartphone yang akan dicari terlebih dahulu.

Tentu jika sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi kita. Misalnya dari radiasi karena terus terpapar oleh smartphone, dan juga efek negatif pada mata dikarenakan terpapar oleh cahaya layar secara terus menerus.

Secara tidak sadar kemanapun kita pergi pasti akan membawa smartphone, contohnya ketika kita berkumpul bersama keluarga sambil memainkan smartphone, ataupun berada dikeramaian namun kita malah asik sendiri dengan smartphone kita.

Apakah yang menyebabkan kita hingga kecanduan smartphone ?

1. Data Yang Selalu Aktif
Sudah menjadi hal yang umum jika smartphone sekarang memiliki pengaturan data yang selalu aktif. Berbeda dengan handphone generasi sebelumnya dimana konfigurasi datanya akan aktif hanya jika diperlukan saja.

Desain smartphone memang membuat kita kecanduan, dikarenakan ketika data aktif maka segala notifikasi atau pemberitahuan akan terus masuk walaupun kita tidak menggunakan smartphone tersebut, yang bisa mengakibatkan kita tidak bisa fokus sebelum kita melihat pemberitahuan tersebut.

2. Bisa Melakukan Apapun Di Smartphone
Berbeda dengan jaman dulu dimana handphone hanya digunakan untuk berkirim pesan singkat ataupun untuk panggilan telpon saja, smartphone sekarang memiliki beragam fitur.

Hal tersebut tentu saja menjadi keunggulan smartphone karena kita bisa melakukan apa saja didalamnya seperti melakukan pembayaran atau merchant, mendengarkan lagu, menonton film, membaca berita, dan lain-lain.

Tentu saja dengan kemudahan tersebut terkadang membuat kita menjadi malas dan kurang bergerak, sehingga mengakibatkan banyak dampak negatif bagi tubuh kita.

3. Haus Akan Informasi Terbaru
Tentu akan menjadi kepuasan tersendiri jika kita lebih dahulu mengetahui sesuatu, seperti berita ataupun sesuatu yang viral. Karena itulah kita bisa menjadi pecandu smartphone karena haus akan informasi terbaru dan terus menggunakan smartphone tanpa henti untuk mencarinya.

 

Bagaimana cara mengatasi kecanduan smartphone?

Jika kita terus menggunakan smartphone akan berdampak buruk bagi kita, lantas bagaimanakah caranya agar kita tidak menjadi pecandu smartphone.
Hal yang bisa kita lakukan seperti :


1. Mencari Kegiatan Lain Yang Mengalihkan Perhatian Kita Dari Smartphone
Kita harus mencari kegiatan positif lain yang dapat mengalihkan konsentrasi kita terhadap smartphone, contohnya seperti :

  • Berkumpul dan bercanda bersama keluarga
  • Berkumpul bersama teman dan sahabat, dan
  • Olahraga

2. Jauhkan Smartphone Dari Kalian
menjauhkan smartphone adalah solusi jitu jika ingin terbebas dari kecanduan smartphone. Kalian juga bisa mengaktifkan mode silent atau menonaktifkan data smartphone kalian dan secara otomatis kalian akan lebih fokus terhadap apa yang kalian kerjakan.

Jadi pergunakannya segala sesuatu secara wajar karena kita juga mengetahui dampak negatif nya. Coba saja dalam sehari kalian mencoba melepas smartphone dari genggaman kalian, dan rasakan manfaatnya

Jangan lupa bookmark blog ini untuk mendapatkan informasi lainnya. Terima Kasih.

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Artikel terkait

  • Bermain Game Tanpa Terganggu Pada Smartphone Xiaomi

    Diposting oleh Edo Oktavi di 20 August 2018 - 12:05

    Bagi kalian yang hobi bermain game pada smartphone seperti game PUBG,  AOV, Mobile Legend, dan LoL, pasti pernah terganggu dengan panggilan telpon ataupun notifikasi yang masuk pada smartphone...

    Selengkapnya

  • 5 Tips Jitu Agar Smartphone Tidak Cepat Panas

    Diposting oleh Edo Oktavi di 05 August 2018 - 10:29

    Masalah yang umum pada smartphone saat ini adalah kondisi yang panas saat digunakan. Ini mengakibatkan ketidak nyamanan ketika menggunakannya maupun menyimpannya didalam kantong. Karena suhu...

    Selengkapnya

  • Komentar

    Alit Hamied

    Pada waktu 20 August 2018 - 08:54
    bener gan, dan juga kecanduan smartphone bisa bikin orang jadi nolep :v

    Edo Oktavi

    Pada waktu 20 August 2018 - 11:49
    Alit Hamied, penyakit masyarakat tuh :v patut dicegah

    Erlangga

    Pada waktu 25 August 2018 - 14:45
    Wabah hp sekarang sudah jadi penyakit yang sulit dilepaskan

    Tambah komentar

    Nama *

    E-mail *

    Url *

    Komentar *

    Keamanan *


    Not Spam *