Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


7 Tips Jitu Menjaga Performa Laptop Anda

Diposting oleh Edo Oktavi pada 09 August 2018 - 11:50 . Komputer

laptop
Jika komputer kalian lemot tentu akan menjadi masalah dalam kegiatan kalian seperti bekerja, belajar dan lain lain dimana sekarang semua memerlukan komputer sebagai pendukungnya.

Lantas bagaimanakah cara menjaga performanya agar meminimalisir terjadinya lemot bahkan hang pada Laptop atau PC kalian ?. Berikut beberapa tips yang bisa kalian terapkan :

1. Bersihkan berkas sampah atau berkas yang tidak terpakai
Berkas yang tidak terpakai pada komputer kalian bisa mengakibatkan penuhnya media penyimpanan kalian.

Tentunya berkas sampah tersebut seringkali adalah berkas yang digunakan perangkat lunak lain seperti berkas sementara, berkas cache, ataupun berkas cadangan.

Jika dibiarkan terus menerus berkas tersebut akan menumpuk dan menyulitkan untuk memilah dan mencari berkas yang ingin kalian gunakan. Serta juga mempengaruhi performa PC atau Laptop kalian.

Rutinlah membersihkannya agar tidak terjadi penumpukan, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, Advanced Sistem Care dari ioBit, dan lain sebagainya untuk sistem operasi Windows.

2. Rapikan berkas dan folder di komputer kalian
Jika berkas yang kalian simpan rapi tentu itu bisa meringankan performa komputer kalian dan akan mempermudah kalian juga dalam mengakses serta mencari berkas yang kalian inginkan serta menghapus berkas yang tidak kalian perlukan lagi.

3. Defrag perangkat penyimpanan kalian
Umumnya perangkat penyimpanan komputer masih menggunakan Harddisk yang menggunakan piringan logam untuk menyimpan berkasnya.

Dan kelemahan harddisk adalah pecahan berkas dipiringannya yang bisa mengakibatkan turunnya performa komputer kalian.

Defrag adalah merapikan berkas yang berantakan pada piringan harddisk tersebut dan menyusunnya agar mudah diakses oleh komputer.

Secara tampilan pecahan berkas tersebut tidak kasat mata karena sistem operasi mengakses dan menyusun file tersebut pada RAM.

4. Bersihkan perangkat keras komputer kalian
Jika komponen komputer kalian berdebu ataupun kotor, tentu itu bisa menggangu performanya.

Karena ketidakstabilan perangkat keras seperti panasnya komponen bahkan bisa terjadi arus pendek yang bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada komputer kalian.

Rutinlah membersihkan komputer kalian seperti kipas CPU, dan perangkat keras lain minimal 3 bulan sekali agar komputer kalian terawat.

5. Jaga kestabilan sumber listrik
Sumber listrik yang digunakan oleh komputer harus stabil untuk menjaga performanya. Jika kalian menggunakan komputer PC kalian wajb menjaga kestabilan listriknya.

Contohnya dengan menggunakan UPS ( Uninterruptible power supply ) atau stabilizer untuk menangani kelebihan dan kekurangan tegangan.

Jika menggunakan laptop tidak memerlukan itu semua karena laptop sudah didesain sangat stabil di bagian kelistrikan dan portable untuk dibawa kemana-mana karena menggunakan sumber daya baterai dan adaptor yang sangat stabil.

6. Upgrade perangkat keras
Jika perangkat keras yang kalian gunakan seperti CPU, RAM, Media Penyimpanan, atau Kartu Grafis sudah kurang mampu untuk mendukung aktifitas anda.

Hal yang patut dipikirkan adalah mengupgrade nya keperangkat dengan spesifikasi lebih tinggi.

Tentu ini pilihan opsional jika keterbatasan dana, ataupun perangkat yang kalian gunakan masih bisa dioptimalkan untuk mendukung aktifitas kalian.

7. Beri jeda komputer kalian untuk istirahat
Jangan biarkan komputer kalian digunakan terus menerus tanpa istirahat., karena komponen elektronik juga mempunyai masa pakai. Contohnya seperti processor kalian. jika digunakan secara terus menerus juga akan panas walaupun mempunyai pendingin.

Jadi beri jeda laptop kalian untuk mendinginkan sejenak ditengah kesibukan kalian, sementara kalian bisa melakuakan aktifitas lain seperti minum kopi, ataupun berbicara dengan teman karena itu juga bisa menyegarkan pikiran kalian.

Bagaimana, mudah bukan ?, tentu itu tidak sulit dan tentu saja jika performa komputer kalian stabil akan sangat mempermudah kalian untuk mendukung kegiatan kalian.

Jika informasi ini bermanfaat silahkan bagikan di sosial media agar teman-teman kalian semakin banyak yang tau
Terimakasih atas kunjungan kalian jangan lupa bookmark blog ini unntuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Artikel terkait

  • 5 Kelebihan SSD dibandingkan HDD Yang Meningkatkan Performa

    Diposting oleh Edo Oktavi di 02 August 2018 - 17:07

    HDD adalah perangkat penyimpanan yang paling banyak digunakan, mulai dari perangkat Laptop hingga PC. Tentunya teknologi penyimpanan tidak akan sampai disitu saja, sekarang sudah tersedia SSD yang...

    Selengkapnya

  • Komentar

    Edo Oktavi

    Pada waktu 09 August 2018 - 11:50
    http://www.blexbin.net/7-tips-jitu-menjaga-performa-laptop-anda/

    Alit Hamied

    Pada waktu 09 August 2018 - 21:53
    Wah , jadi inget waktu ane masih punya laptop :v sayangnya dah rusak wkwkw

    Edo Oktavi

    Pada waktu 10 August 2018 - 06:46
    Alit. Hehehe sabar gan... Nanti juga bisa beli lagi kalo gajian adsense

    Tambah komentar

    Nama *

    E-mail *

    Url *

    Komentar *

    Keamanan *


    Not Spam *