Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


5 Daftar E-Wallet Populer Saat Ini

Diposting oleh Edo Oktavi pada 26 December 2018 - 16:10 . Financial

e-wallet

Halo semuanya apa kabar, maaf lama tidak update blog ini karena kesibukan yang cukup padat sehingga baru bisa membuat artikel sekarang.

Memasuki era Fin-Tech  ( Financial Technology) saat ini, banyak perusahaan yang berinovasi agar mempermudah penggunanya dalam mengatur keuangannya. Tidak terkecuali muncul nya beberapa produk E-Wallet yang populer saat ini.

E-Wallet itu sendiri adalah sebuah dompet elektronik yang berbasis aplikasi atau web dengan saldo maksimal yang ditentukan oleh masing-masing penyedianya.

Sekilas mirip dengan bank karena fungsi utamanya menyimpan uang penggunanya, tapi kelebihannya bisa digunakan untuk membeli pulsa, data, pulsa listrik, hingga pembayaran layanan seperti PDAM, BPJS dan lain sebagainya.

Berikut beberapa E-Wallet yang sedang populer saat ini :

1. GO-Pay

Go-Pay pada awalnya adalah sebuah dompet virtual dari anak usaha GO-Jek yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pada semua transaksi dalam aplikasi GO-JEK.

Sekarang GO-Pay sudah mulai meningkatkan fungsi dari layanan tersebut untuk membayar merchant yang bekerja sama dengan nya. Seperti Warung dan toko lain sebagainya.

Untuk pengisian saldo GO-Pay itu sendiri bisa dilakukan dengan cara menyetor uang tunai ke supir GO-JEK, atau bisa juga dengan melakukan pengisian via ATM, Mobile, Banking, Internet Banking, SMS Banking, dan toko ritel seperti Alfa Group yang bekerja sama dengan GO-Pay.

2. Doku Wallet

Doku adalah layanan dompet elektronik yang dikeluarkan oleh PT. Nusa Satu Inti Artha.

Kurang lebih dengan GO-Pay, doku wallet bisa juga digunakan untuk melakukan pembelian pulsa, data, pulsa listrik, dan sebagainya. Dan juga bisa digunakan untuk pembayaran merchant yang sudah bekerjasama.

Dan kelebihan produk ini juga bisa digunakan untuk pembelian di Aliexpress sehingga mudahkan kalian bagi yang tidak punya kartu debit atau kredit yang terintegrasi oleh visa atau mastercard.

Untuk pengisian saldo bisa melalui transfer atm ataupun toko ritel yang sudah bekerjasama, seperti indomaret alfamart dan lain sebagainya.

3. TCash

Untuk TCash ini bisa disebut sebagai pionir dompet elektronik oleh Telkomsel, karena lebih dulu diluncurkan pada tahun 2007.

TCash ini fungsinya sama seperti dompet sebelumnya, bisa digunakan untuk pembelian digital dan pembayaran digital, serta transfer ke bank.

Ketika pengguna ingin transfer ke bank dibutuhkan upgrade akun ke full service dengan menggunakan KTP di gerai resmi  Tsel atau via online dengan syarat dan ketentuan nya untuk meminimalisir kejahatan dunia digital serta pencucian uang.

Untuk pengisian saldo nya, pengguna bisa menggunakan beberapa cara seperti transfer bank, melalui gerai resmi atau outlet yang bekerjasama, serta toko ritel seperti alfamart, indomaret dan lain sebagainya.

Ketika saya mencoba menggunakan wallet ini banyak keuntungannya, contohnya diskon pembelian untuk pembelian produk telkomsel seperti pulsa atau paket data dengan potongan sampai dengan 20 ribu.

4. OVO

OVO ini adalah dompet elektronik produksi dari bank NOBU, yang banyak menyediakan event menarik seperti cashback dan bonus seperti OVO coints yang bisa digunakan untuk membayar toko secara gratis atau mendapat potongan harga.

Secara fungsi dan fitur kurang lebih saja dengan dompet elektronik sebelumnya yaitu bisa digunakan untuk pembelian digital seperti pulsa dan pembayaran di merchant yang bekerjasama dengannya.

Untuk pengisian saldonya juga bisa melalui transfer bank, ataupun toko ritel yang bekerjasama, seperti alfamart dan lain sebagainya.

5. Jenius

Jenius ini adalah produk dari bank BTPN yang merupakan salah satu gebrakan dalam era fin-tech.

Sebenarnya produk ini lebih ke elektronik banking, dikarenakan dengan produk ini kita dapat mengatur keuangan kita, serta mendapatkan kartu debit yang bisa digunakan untuk tarik tunai di atm bersama dan tidak ditemukan pada produk lain.

Karena sudah termasuk dalam kategori bank saldo maksimal untuk produk ini tidak lagi dibatasi.

Berbeda dengan e-wallet lain yang rata-rata memiliki saldo maksimal sebesar Rp 10.000.000,- produk ini bisa digunakan untuk tabungan jangka panjang yang menyimpan uang lebih dari batas tersebut.

Secara fungsi produk ini bisa juga digunakan untuk keperluan digital, dan juga bisa digunakan untuk transfer ke bank lain, serta melakukan pembayaran merchant yang bekerjasama, toko ritel seperti alfamart, indomaret serta supermarket yang menggunakan mesin EDC untuk pembayarannya.

Dikarenakan kartu debit dari jenius ini sudah terintegrasi dengan visa, sehingga bisa digunakan untuk pembayaran internasional.

Sampai saat ini saya menggunakan TCash, OVO, dan Jenius sebagai wallet digital saya.

Karena saya mendapatkan beberapa manfaat seperti potongan harga paket hingga 20ribu di TCash, pembayaran yang praktis serta banyak mendapatkan banyak diskon dan cashback, serta debit Visa dari Jenius yang memudahkan saya dalam melakukan pembayaran baik merchant offline maupun online.

Kartu Visa tersebut yang sebenarnya  adalah sebuah debit memiliki rasa seperti kartu kredit, sehingga saya gunakan untuk verifikasi akun Paypal saya, membayar hosting, vps, domain serta pembelian barang-barang dari website internasional seperti aliexpress dan lain-lain.

Untuk postingan selanjutnya mungkin saya akan memberikan pengalaman saya dalam mendaftar di layanan yang sudah disebutkan di atas.

Jika yang saya sampaikan meleset atau kurang benar harap berikan komentar dan masukannya agar saya bisa memperbaiki nya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Komentar

Belum ada komentar pada posting ini

Tambah komentar

Nama *

E-mail *

Url *

Komentar *

Keamanan *


Not Spam *