Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


Pentingnya Swap Pada Linux

Diposting oleh Edo Oktavi pada 03 March 2017 - 09:47 . Komputer

swap
Hai semua apa kabar ? , hehe maaf ya baru bisa update. Soalnya kemaren lagi ngurus hosting ni blog jadi gk sempat blogwalking. Sekarang udah bisa kok hehe .
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi tentang dunia komputer, khususnya kepada Sistem Operasi Linux.

Linux

Linux adalah sistem operasi Open Source atau sumber terbuka yang bebas dikembangkan oleh individu, atau organisasi. Linux dikenal dengan kestabilannya sehingga sering digunakan sebagai server atau desktop yang menyala terus menerus.

Swap

Swap adalah komponen tambahan pada Linux yang berfungsi menampung data sementara dari RAM untuk meringankan kinerja RAM.

Swap sangat penting pada komputer yang memiliki kapasitas RAM sangat kecil, karena berfungsi sebagai memori virtual untuk menangani kekurangan kapasitas pada RAM. Ukuran swap biasanya disesuaikan mengikuti 2x ukuran RAM, namun jika memiliki RAM 32Gb tidak harus menggunakan swap 64Gb, 1 atau 2Gb cukup. Swap juga diperlukan untuk komputer server, sebagai penangan ketika server overload dan kekurangan memori, serta dapat meminimalisir freeze atau hang pada komputer server.

Jenis Swap

Swap memiliki 2 jenis cara penggunaan pada Linux, yaitu Swap Partisi dan Swap File
  • Swap Partisi.
    Jenis swap ini menggunakan partisi harddisk sebagai space untuk menangani data sementara dari RAM. Kelebihan swap jenis ini adalah, bisa digunakan bersamaan dengan distro linux lainnya. Contohnya ketika PC dual boot debian dan ubuntu, tentu swap partisi bisa terbaca dan digunakan oleh kedua distro tersebut

  • Swap File.
    Jenis swap ini menggunakan file yang disimpan didalam partisi linux. Swap jenis ini hanya bisa dibaca pada distro yang membuatnya. Tapi swap ini memudahkan penggunanya dalam mengatur ukurannya.

Jadi bagi para blogger atau pengusaha hosting yang menggunakan VPS Linux, sangat disarankan menggunakan swap sebagai penopang RAM .

Sekian untuk postingan kali ini, jangan bosan untuk kembali kesini hehe, jangan lupa komentar dan sarannya, terima kasih

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Komentar

Edo Oktavi

Pada waktu 03 March 2017 - 09:52
www.blexbin.net/pentingnya-swap-pada-linux/

Mas Zeey

Pada waktu 03 March 2017 - 13:52
ane kaga punya linux gan punya nye pegel linux ,hihi

Edo Oktavi

Pada waktu 03 March 2017 - 14:39
Haha, itu mah pegal linu gan

bujankaja

Pada waktu 03 March 2017 - 17:34
OOT ni
sewa hostingx lokal apa di namechip gan?
dan ini tamplate buatan sendiri ya?

Edo Oktavi

Pada waktu 03 March 2017 - 18:41
bujankaja, sewa hostingnya di temen ane gan, tapi server USA. Iya gan ini template buatan temen sih sebenarnya. Tapi ane sendiri doank yang make.

bujankaja

Pada waktu 03 March 2017 - 19:45
takirain hossting sewa di namechip
keren template dekstopnya
elegan

Edo Oktavi

Pada waktu 03 March 2017 - 19:50
bujankaja, hehe bukan sob. Makasih pujiannya gan

Tambah komentar

Nama *

E-mail *

Url *

Komentar *

Keamanan *


Not Spam *