Hanya sebuah coretan yang mungkin diperlukan atau bermanfaat bagi kalian semua


Mengenal Database

Diposting oleh Edo Oktavi pada 24 April 2017 - 19:29 . Internet

Database atau Basis Data, adalah sekumpulan data atau file yang saling berkaitan. Keterkaitan tersebut ditunjukkan oleh kunci setiap data atau file. Sedangkan Data adalah sekumpulan fakta dan angka yang dapat digunakan untuk mengelola informasi. Dalam hal ini saya akan menjelaskan database untuk aplikasi berbasis web "Relational Database Managemen System" (RDBMS). Contohnya MySQL.

Istilah yang sering dipakai dalam RDBMS adalah :

  • Database : koleksi dari tabel-tabel yang memiliki data saling terkait.
  • Table : adalah data yang terdiri dari baris dan kolom. Tabel digunakan untul menyimpan informasi sejenis, misalnya : NIK, Nama, Alamat, Dll.
  • Column : satu kolom mewakili satu jenis tipe data. Contoh : Pada kolom nama hanya akan menyimpan nama-nama orang.
  • Row : baris yang mewakili satu set data dari tabel tertentu. Misalnya dari tabel KTP, baris akan berisi data lengkap penduduk, seperti : NIK, Nama, TTL, Alamat, Status, DLL.
  • Primary Key : merupakan kolom yang berisi kunci utama yang sifatnya unik, contohnya NIK, pada tabel KTP.
  • Relationship : hubungan antara 2 tabel atau lebih. Misalnya hubungan antara tabel KK dan KTP. Hubungan antara tabel ini melalui satu kode kunci (key)
  • Foreign Key : kunci utama yang dipakai untuk hubungan dua tabel. Foreign key biasanya merupakan primary key dari suatu tabel, yang dijadikan kolom pada tabel lainnya. Contohnya pada tabel KK dan KTP, maka foreign key adalah primary key table KTP yaitu NIK yang disimpan di tabel KK.

Yah mungkin cukup membingungkan hehe . Dalam MySQL sendiri dalam hal menambah, serta memodifikasi suatu table bisa menggunakan sebuah baris perintah sehingga memudahkan dalam mengelola database tersebut untuk ditampilkan di sebuah website. Dalam hal untuk memahami database lebih lanjut, akan lebih mudah untuk dipraktekkan, seperti mempraktekkan pada excel. buat kolom seperti NIK, Nama, Dll, serta isilah kolom kearah bawah sesuai nama kolom tersebut.

Baiklah sudah cukup panjang postingan kali ini jangan bosan-bosannya kembali kesini lagi ya. Maaf saya baru bisa posting. Dikarenakan kegiatan yang cukup padat seperti menyiapkan laporan Prakerin, Dll.

Jangan lupa kritik, saran dan komentarnya, terima kasih sudah mampir, dan jangan lupa comeback

Bagikan ke: Share on Facebook Share on Twitter

Artikel terkait

  • Sekilas Tentang VPN

    Diposting oleh Edo Oktavi di 15 April 2017 - 15:59

    VPN (Virtual Private Network), adalah jaringan private yang ada didalam jaringan publik atau internet. Yang dimaksud dengan virtual adalah, jaringan tersebut tidak terhubung secara fisik diantara...

    Selengkapnya

  • Mengenal Hosting

    Diposting oleh Edo Oktavi di 02 April 2017 - 08:23

    Hosting, atau bisa juga disebut server adalah ruang yang kita sewa di internet untuk menempatkan file kita di internet. Untuk membuat sebuah website, kita memerlukan domain dan hosting, sebagai...

    Selengkapnya

  • Komentar

    Edo Oktavi

    Pada waktu 24 April 2017 - 19:30
    http://www.blexbin.net/mengenal-database/

    Edi

    Pada waktu 25 April 2017 - 00:49
    Wahh makasih atas kunjungan dari blog ku, materi database nya cukup jelas gan. Hehehe

    Edo Oktavi

    Pada waktu 25 April 2017 - 14:27
    @Edi, sama2 sob thanks dah mampir.

    Tambah komentar

    Nama *

    E-mail *

    Url *

    Komentar *

    Keamanan *


    Not Spam *